Buruh Migran sebagai “Liyan” Diskusi Terbatas: November 2012


04-aksi-migrant-care-demo-iklan-obral-tki-di-istana-002-debby 05-128233_demo-aktivis-migrant-care_663_382 

Hampir setiap hari, tak putus-putus kita disuguhi berita tentang realitas penderitaan yang dialami oleh buruh Indonesia yang bekerja di berbagai negara di luar negeri (buruh migran). Nasib malang seperti terus menyergap mereka di mana saja, mulai dari kasus kekerasan, perkosaan sampai kematian. Alih-alih mendorong kita melakukan sesuatu untuk mengubah kondisi, banjir informasi yang kita terima tentang kasus-kasus penderitaan tersebut justru melahirkan sebuah ironi besar: Kontinuitas penderitaan yang kita baca/lihat/dengar itu justru hampir memutus nadi kepedulian kita ketika kemudian kita (secara kolektif) menganggap penderitaan tersebut sebagai sesuatu yang biasa. Mengapa nadi rasa itu putus?

Itu semua karena kita merasa berjarak dengan buruh migran, menganggap mereka adalah orang lain, sebagai liyan, sebagai “the other”. Lebih sial lagi kalau yang menganggap “liyan” itu adalah Negara yang seharusnya bertanggungjawab terhadap warga negaranya yang sedang bekerja di luar negeri.

Dari sinilah problem kewarganegaranan (citizenship) buruh migran Indonesia menjadi krusial untuk dibicarakan. Oleh negara asalnya didiskriminasi seakan bukan warga negaranya, di negara tujuan didiskriminasikan karena bukan warga negaranya.

Yayasan Interseksi mengundang Wahyu Susilo, yang telah mendedikasikan hidupnya berbelas tahun untuk membela nasib para buruh kita di luar negeri, untuk mendiskusikan problematik isu buruh migran dan relasinya dengan problematik kewarganegaraan di Indonesia. Diskusi ini diadakan secara terbatas dengan detail sebagai berikut.

Hanya untuk jumlah peserta terbatas.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi 021-78839335 (Sudi atau Rudi)

Keterangan foto. Kiri: aksi-migrant-care-demo-iklan-obral-tki-di-istana-002-debby. Sumber: Merdeka.com (http://www.merdeka.com/foto/peristiwa/110029/aksi-migrant-care-demo-iklan-obral-tki-di-istana-002-debby.html). Kanan: demo-aktivis-migrant-care. Sumber: Viva News (http://foto.news.viva.co.id/read/4765-demo-aktivis-migrant-care).

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>