Workshop Persiapan Penelitian

Sebagai tahapan awal dari Program Pelatihan Penelitian Demokrasi dan Diversitas Kultural Angkatan III Tahun 2011, Yayasan Interseksi akan mengadakan Workshop Pelatihan Pembuatan Rencana Penelitian yang akan diadakan pada tanggal 22-25 Februari 2011, bertempat di GG House Happy Valley, kawasan Gadog, Bogor, Jawa Barat. Dalam sesi-sesi Workshop, draft Rancangan Penelitian yang diajukan oleh masing-masing peserta program akan dipresentasikan untuk dibahas dan diperbaiki. Pada sesi Literatur Review dan Problem Statement, peserta akan dipandu untuk membuat tinjauan pustaka dan perumusan masalah dari draft Rancangan Penelitian yang diajukan, untuk kemudian dipresentasikan kembali. Kemudian pada sesi terakhir, peserta akan dipandu untuk latihan membuat pertanyaan serta lembar jawaban (answer sheet) yang akan menjadi acuan selama Praktek Penelitian Lapangan.

klik pada masing-masing gambar untuk melihat peta/denah yang lebih besar
peta_gghousedenahGGhouse

Sebagai pengantar, Workshop akan menghadirkan narasumber Zainal Abidin Bagir, PhD dari Center for Religious and Cross-Cultural Studies (CRCS) Sekolah Pasca-Sarjana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Sementara selama Workshop, pembahasan draft Rancangan Penelitian dan literatur review serta latihan membuat pertanyaan dan lembar jawaban akan dipandu oleh narasumber Dr. Nico Haryanto dari Center for Strategis and International Studies (CSIS) dan para peneliti dari Yayasan Interseksi. 

Selesai Workshop, peserta akan diberi kesempatan untuk Perbaikan Desain Penelitian sampai tanggal 28 Februari 2011. Yayasan Interseksi menyediakan fasilitas kantor sebagai tempat kerja dan koleksi buku-buku di Perpustakaan Interseksi untuk kebutuhan pendalaman kajian pustaka.

HAL-HAL PENTING UNTUK PESERTA PROGRAM

Sebelum mengikuti Workshop, seluruh peserta terpilih Program Pelatihan Penelitian Demokrasi dan Diversitas Kultural Angkatan III Tahun 2011 diharapkan memperhatikan hal-hal berikut: 

  • Catat nomor-nomor ini: 08990033422 (Hendra), Sudi (0817816994), dan 0813 85 177 359 (Dindi).
  • Pastikan Anda selalu membawa Kartu Identitas (KTP atau SIM)
  • Pastikan bahwa Anda sudah tiba di Jakarta paling lambat 22 Februari 2011 pagi dan berkumpul di kantor Yayasan Interseksi pukul 09:00 WIB untuk berangkat bersama panitia menuju lokasi. Rute menuju kantor Yayasan Interseksi bisa dilihat di bawah ini. Jika Anda berangkat sendiri menuju lokasi, rute menuju lokasi Workshop bisa dilihat di peta berikut. Sebagai catatan, agenda Workshop adalah bagian integral dari keseluruhan program yang wajib diikuti dari awal sampai akhir.
  • Untuk memudahkan administrasi penggantian biaya, pastikan bahwa Anda membawa Invoice atau bukti pembelian tiket, dan tiket serta Boarding Pass yang sudah Anda gunakan dan menyerahkannya kepada panitia.
  • Pastikan bahwa Anda membawa komputer Laptop.
  • Jika Anda membutuhkan obat tertentu, pastikan Anda membawanya dan, kalau mungkin, membawa salinan rujukan dokter tentang obat tersebut.
  • Mempersiapkan perlengkapan P3K akan sangat bermanfaat ketika Anda berada di lapangan
  • Pastikan bahwa Anda membawa semua perlengkapan pakaian secukupnya.
  • Jika Anda mengikuti pola diet makanan tertentu, pastikan bahwa Anda telah memberitahukan kepada panitia
  • Selalu jaga kesehatan Anda
  • Untuk keperluan Praktek Penelitian Lapangan setelah Workshop, peserta akan dibagikan formulir isian Asuransi Kecelakaan selama melakukan praktek penelitian

RUTE MENUJU KANTOR YAYASAN INTERSEKSI

  • Dari Bandara Soekarno Hatta: Naik Damri (Angkutan Khusus Bandara) jurusan ke Pasar Minggu (tiket Rp 20.000), turun di Pasar Minggu, ganti Metro Mini 75 (minibus warna merah) jurusan Pasar Minggu-Blok M atau angkot mikrolet 04 (warna putih-coklat) jurusan Pasar Minggu-Depok (ongkos Rp 2.000) arah ke Depok, turun di perlintasan kereta api Poltangan (seberang Kompleks AL Rawa Bambu), jalan kaki menyeberang rel ¬†kereta api ke Kompleks BATAN (ada Taman Kanak-kanak BATAN).
  • Dari Stasiun Gambir: Naik bajaj ke Stasiun Juanda atau Stasiun Gondangdia (ongkos Rp 5.000), naik KRL Jabotabek kelas AC Ekonomi jurusan Bogor atau Depok (tiket Rp 5.500), turun di Stasiun Tanjung Barat, naik angkot mikrolet 04 (warna putih-coklat) jurusan Pasar Minggu-Depok (ongkos Rp 2.000) arah ke Pasar Minggu, turun di depan Kompleks BATAN (ada Taman Kanak-kanak BATAN).
  • Dari depan Kompleks BATAN masuk sekitar 200 meter ke dalam, belok kanan, sebelum Masjid / Sekretariat RT / Lapangan Voli, rumah Blok E-17.
  • Kalau Anda menggunakan Taxi Anda hanya tinggal meminta diantarkan ke lokasi kantor Interseksi kepada pengemudi. Pastikan Anda memilih Taxi dari perusahaan yang dapat dipercaya.
  • Alamat Yayasan Interseksi: Kompleks BATAN Blok E/17 Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520 Tel: 021-78839335 Contact Person: Dian (085719112819), Shobah (085691011886), Sudi (0817816994)
The Interseksi Foundation is an independent not for profit organization. It was started in October 2001, as a series of discussions to capture the problems that Indonesian society faced after the demise of the New Order regime. Participants to the forum came from a large varieties of academic and professional backgrounds, each of whom had to write an individual paper related to the general theme of discussion, and was given enaugh time to make a presentation. To depict the intersection of ideas developed in the discussions, the series was then affectionately named Forum Interseksi.
0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>